Posted on

Memilih Penginapan di Singapore

Selamat datang bulan Desember! Kali ini saya mau membahas tentang ” Memilih Penginapan di Singapore”

Pertama harus tahu tujuan mengunjungi Singapore untuk apa dulu, berapa hari disana dan berapa budget yang disiapkan untuk penginapan di Singapore.
Baru kita bisa menentukan dimana, hotel bintang berapa dan transportasi seperti apa yang bisa digunakan selama di Singapore.

TUJUAN
Setiap orang pasti punya banyak alasan dan tujuan kalau visit suatu tempat, nah pastikan jangan jadi turis yang kehilangan arah yah!! Why, karena nanti akan membuang waktu berlibur atau to do list yang sudah dibuat jadi bolong bolong ke skip deh.

3rd-prize_goh-hak-liang_looking-forward-to-2016

photo credit: Marina Bay Singapore Countdown

Kenapa masih banyak yang ingin mendatangi Singapore, apa saja sih tujuan mereka:
– Berlibur dan Berbelanja
– Bekerja atau Dinas
– Berburu Pekerjaan
– Berobat ke Rumah Sakit Singapore
– Transit
– Menonton Konser Music artis pujaan, Pertunjukan Seni dan Event tertentu seperti F1
– Sekedar cuci mata dan berburu photo (Pra-Wedding, Landscape)
– Cari kenalan baru dari segala penjuru dunia (eh.. ada loh)
dan masiiih banyak deh yang lain karena Singapore selalu melakukan hal baru dan memanjakan pengunjung dengan festival yang beragam.

coldplay201116n

Kemudian dari tujuan itu kita tentukan berapa lama akan tinggal di Singapore tentunya harus memperhitungkan hal berikut seperti suatu tempat bisa menghabiskan berapa lama, yang ga kurang penting yaitu pencapaian ke lokasi juga harus dihitung! Termasuk jika sempat tersesat bagi yang nekat pergi sendiri tanpa guide atau tour.

i-light-marina-bay

Salah satu festival yang diselenggarakan sekitar bulan Maret.

JENIS PENGINAPAN

Jika sudah dapat kalkulasi berapa hari, sudah bisa lanjut menentukan dimana dan budget berapa yang pas buat kantong masing masing.
Kebanyakan orang Indonesia suka menginap di hotel mewah, termasuk beberapa teman saya juga sih. Namun jangan kuatir pokoknya, karena Singapore menyediakan banyak kelas dari Hostel sampai Resort.

RESORT
Kebanyakan di kawasan Sentosa dan pinggiran Singapore yang ada pantai seperti East Coast serta di daerah Golf.
Bagi yang ingin fokus hanya berlibur bersama keluarga di Sentosa sebaiknya menginap disini karena 2-3 hari belum tentu cukup juga menjelajah semuanya.

HOTEL
Kalau yang satu ini lokasinya tersebar dimana mana dengan harga mulai 51 – 800 SGD.

budget

Menentukan lokasi bisa dipersempit dengan tujuan kalian tadi, daerah mana yang mau dikunjungi. Semisal mau mengantar orang tua atau sodara yang sakit atau hanya sekedar check up di RS Mt. Elizabeth yang UPSS! di Orchard..NOOOO! yang mana harga disana semua mahal. Kan ga mungkin memaksa menginap disana kalau budget terbatas. Karena Singapore ini ga seperti Indonesia yang luas disana semua dekat, jadi menginap di daerah lain bisa jadi pilihan. Asal kalian tahu akses ke RS. Mt. Elizabeth dari hotel yang kalian pilih.
Selain itu survey juga hotelnya, apakah punya fasilitas buat Difabel seperti lift atau akses khusus buat ortu kita yang sudah tidak mampu menaiki tangga. Apa ada fasilitas yang menguntungkan kalian untuk berhemat seperti layanan antar ke bandara GRATIS! wooow!! Lumayan kan ongkos taxy bisa jadi satu tas.

Jenis Hotel:
– Hotel Mewah (200-800 SGD)
– Boutique, biasa interior modern dan kontemporer (100-200 SGD)
– Hotel Menengah (100-200 SGD)
– Hotel Budget (45-100 SGD) Jangan kaget kalau kamarnya sempit! Beberapa ada yang luas juga kok.

HOSTEL
Singapore diakui para backpacker dunia memiliki Hostel terindah dibanding negara lain. Saya juga pernah coba, dan memang iya didesain ga kalah sama hotel boutique. Awalnya pengguna hostel ini para backpacker tapi sepertinya bergeser karena harga yang ditawarkan lumayan hemat terutama bagi yang ingin tinggal seminggu di Singapore atau mencari kerja di Singapore. Karena harga yang ditawarkan mulai 12 – 50 SGD.

Bagi yang belum tau atau belum pernah merasakan tinggal di hostel saya akan kasih gambaran sedikit disini. Jangan membayangkan kamar yang seperti hotel. Kita akan dibawa pada suasana asrama, 1 kamar bisa untuk 4 – 12 bahkan ada yang 20. Ada jenis kamar mix (campur cowo dan cewe) dan khusus (khusus cewe/khusus cowo). Bahkan ada kamar single tapi share kamar mandi. Jangan lupa bawa gembok sendiri karena nanti tidak ada lemari dan hanya disediakan loker yang mana kalau harga yang superb murah gembok dijual disana. Nanti di artikel selanjutnya akan diulas lebih dalam tentang hostel ini.

Sedikit curcol nih, di beberapa hostel yang pernah dicoba, lumayan bagus fasilitasnya dan ternyata bukan hostelnya saja yang bagus tapi yang menginap juga (cuci mata). 2 tempat yang berbeda berisikan turis Korea, waktu itu jamannya K-Pop jadi gagal fokus deh!! Lalalaa ga bisa tidur akhirnya.
Bagi yang suka bertemu teman baru sangat cocok disini.

hostel

APARTEMEN
Selain yang disebut diatas masih ada apartemen apartemen yang merupakan milik orang Indonesia yang disewakan. Kalo versi penulis sih harganya dibandingkan hotel budget hampir sama jadi tinggal lebih nyaman mana bagi kalian.

Kalau masih bingung silakan tanya admin tiketseru.com untuk info yang mendalam (sedalam mata kuliah), juga bagi yang ingin mencari tiket pesawat, tiket atraksi juga voucher hotel. Kamu bisa membelinya di tiketseru.com.
Rajin kunjungi saja, siapa tahu ada promo yang sehat bagi kantung kalian… See you!!

(55)